Minggu, 14 Januari 2018

SEGMENTASI PASAR AQUA - Riset Pemasaran Manajemen

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Perkembangan  dunia  saat  ini  berjalan  dengan  pesat,  yang  menciptakan suatu persaingan yang semakin ketat. Hal ini yang menuntut produsen untuk lebih peka, kritis dan reaktif terhadap perubahan  yang ada, baik politik, sosial budaya, dan ekonomi. Syarat  yang  harus  dipenuhi  oleh  suatu  perusahaan  agar  dapat  mencapai sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan  pelanggan.  Agar  tujuan  tersebut  tercapai,  maka  setiap perusahaan  harus  berupaya  menghasilkan  dan  menyampaikan  barang  dan  jasa yang  diinginkan  konsumen  dengan  harga  yang  pantas.  Dengan  demikian,  setiap perusahaan   harus  mampu  memahami  kelangsungan  hidup  perusahaan  tersebut sebagai  organisasi  yang  berusaha  memenuhi  kebutuhan  dan  keinginan  para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya (Tjiptono,2008).
Perusahaan  harus  bekerja  keras  membuat  kebijakan- kebijakan  strategis baru  dalam  menjual  produk  dan  jasa  mereka  dalam  kaitannya  menghadapi persaingan  yang  ketat  dengan competitor yang  dapat  memberikan value yang lebih  besar  kepada customer.  Pada  dasarnya  dengan  semakin  banyaknya  pesaing maka  semakin  banyak  pula  pilihan  bagi  pelanggan  untuk  dapat  memilih  produk yang  sesuai  dengan  apa  yang    menjadi  harapannya. Untuk itu analisis mengenai segmentasi pasar perlu untuk dilakukan setiap perusahaan guna mendapat informasi menegnai pasar sasaran yang dituju agar lebih efisien dan efektif dalam memasarkan produknya.

B.      Perumusan Masalah
             Dari latar belakang diatas kami membatasi pembahasan dalam makalah ini dengan merumuskan masalah dalam penulisan makalah ini antara lain sebagai berikut :
1.      Apa pengertian dari riset pemasaran)?
2.      Apa pengertian riset segmentasi?
3.      Bagaimana Klasifikasi riset pemasaran?
4.      Bagaimana riset segmentasi pemasaran produk Aqua?

C.   Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui pengertian dari riset pemasaran
2.      Mengetahui klasifikasi riset pemasaran
3.      Mengetahui pengertian riset segmentasi
4.      Mengetahui riset segmentasi pemasaran produk Aqua

D.  Manfaat Penulisan
1.      Bagi Penulis
       Membantu memenuhi tugas mata kuliah “Marketing Reaserch”.
2.      Bagi Pembaca
        Makalah ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai riset pemasaran. Khususnya eiset mengnai segmentasi pada produk Aqua.








BAB II
LANDASAN TEORI
A.     Manajemen Pemasaran
   Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan dari pada usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber lain dari kegiatan tersebut agar supaya dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
Hasibuan S.P. Malayu (2007:1) juga mengatakan “Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.
Sedangkan pemasaran menurut Kotler (1997:8). “Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dana mempertukarkan produk yang bernilai dengan orang lain”. Kotler (1997:8).
        Manajemen pemasaran terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain yang dikehendakinya.
       Asosiasi Pemasaran Amerika dalam Kotler (1997:13) menyebutkan bahwa Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.

B.      Riset Pemasaran
 Riset Pemasaran menurut Kotler (1997:100) adalah perfancangan, pengumpulan, analisa, dan pelaporan data yang sistematis dan temuan-temuan yang relevandengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.
Menurut Kotler(1997:254) juga mengatakan bahwa pasar terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda-beda  dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi,
sikap membeli, dan kebiasaan membeli. Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu penjual idealnya mendisain program pemasarannya tersendiri bagi masing-masing pembeli. Segmentasi yang lengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama Kotler (1997:307).
Riset pemasaran yang efektif menurut kotler (1997:101) adalah yang melalui lima langkah yang diperlihatkan dalam gambar 1.1 sebagai berikut:
 



Gambar 1.1
Proses riset pemasaran










BAB III
PEMBAHASAN
A.      Segmentasi Pasar
 Segmen pasar terdiri dari sekelompok pelanggan yang memiliki sekumpulan kebutuhan dan keinginan yang serupa. Tugas pemasar adalah mengidentifikasi segmen dan memutuskan segmen mana yang akan dibidik. Pemasaran segmen menawarkan manfaat kunci melebihi pemasaran masal.
 Segmentasi pasar adalah suatu proses menempatkan konsumen ke dalam subkelompok yang memiliki respons yang sama terhadap suatu program pemasaran (Cravens,1997).
Menurut Rambat Lupiyoadi (2001), segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku, yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda. Sedangkan Swastha (1997), segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Berdasarkan definisi diatas, segmentasi pasar dapat diartikan sebagai proses membagi pasar yang beterogen ke dalam kelompok-kelompok yang lebih homogen, yang memiliki kesamaan kebutuhan atau karakteristik dan respons terhadap program pemasaran.

a.      Dasar Segmentasi
Pasar  Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen atau proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli. Variabel utama segmentasi adalah: Segmentasi Geografis, Segmentasi Demografis, dan Segmentasi Psikografis.

b.      Geografis
 Suatu aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan membagi--bagi pasar dalam beberapa unit geografis yang berbeda-beda seperti daerah, populasi, kepadatan dan iklim.
 Dalam hai ini produk AQUA ditujukan untuk semua wilayah yang ada di Indonesia. Kita dapat menjumpai produk AQUA tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pinggiran kota bahkan produknya sudah sampai di  pedesaan. Produk AQUA ini dapat dinikmati tidak hanya pada saat musim kemarau namun juga pada saat musim penghujan. Jadi produk AQUA ini selalu ada pada setiap musim.

c.       Demografis
 Suatu aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan membagi-bagi pasar dalam beberapa grup dengan basis -basis variabel seperti usia, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial.
Bentuk-bentuk segmentasi pada segmentasi demografis dapat berupa umur, jenis kelamin, keluarga, pekerjaan, dan pendapatan. Produk AQUA dapat ditujukan untuk semua kalangan, jenis kelamin, dan usia. Baik wanita maupun pria dapat mengkonsumsi produk AQUA. Setiap kalangan usia juga dapat mengkonsumsi AQUA, kecuali kalangan usia bayi. Produk AQUA memiliki harga yang terjangkau sehingga setiap kelurga dapat mengkonsumsinya, baik yang berpenghasilan menengah kebawah atau menengah keatas. Produk AQUA ini diproduksi untuk mencakup semua kalangan dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja.

d.      Psikografis
Suatu aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan membagi konsumen atas beberapa grup yang berbeda -beda dengan basis variabel gaya hidup dan kepribadian.
Segmen AQUA ditujukan untuk kalangan kelas sosial menengah. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kalangan kelas sosial bawah  untuk mengkonsumsinya, karena ada beberapa harga kemasan yang masih bisa dijangkau dengan harga pasaran Rp. 500,00, Rp 2.000,00, Rp 3.000,00 dan Rp. 5.000,00. AQUA juga dapat diperuntukkan bagi orang-orang yang menginginkan gaya hidup yang praktis dan sehat dengan mengkonsumsi air mineral yang mudah didapatkan dan dibawa. Produk AQUA juga cocok dengan orang-orang yang aktif dan memiliki mobilitas yang tinggi.

e.      Perilaku
 Suatu aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan membagi konsumen atas grup-grup yang berbeda dengan basis variabel seperti status pengguna, kesetiaan merek, tingkat penggunaan, manfaat yang dicari, kesempatan penggunaan, kesiapan membeli dan sikap terhadap produk.
Produk AQUA mengklaim produknya sebagai pelopor air minum dalam kemasan pertama di Indonesia yang memiliki kualitas yang baik dibandingkan dengan produk lainnya. Hal tersebut ternyata membuat orang berpikir bahwa AQUA mempunyai kualitas yang baik sehingga orang akan membeli produk AQUA walaupun dari segi harga lebih tinggi disbanding air minum dalam kemasan yang lain. Karena banyaknya orang yang membeli produk AQUA,akhirnya setiap orang akan membeli air minum dalam kemasan pasti mereka akan menyebutnya dengan “AQUA” padahal merek air minum dalam kemasan tersebut bukanlah AQUA. Karena perilaku konsumen yang seperti itu,akhirnya AQUA semakin dikenal oleh masyarakat seluruh Indonesia dan menjadikan AQUA sebagai pilihan utama mereka dalam membeli air minum dalam kemasan.

B.      Potensi Pasar
Setelah segmen pasar dievaluasi, langkah selanjutnya yaitu memilih segmen yang akan dijadikan target atau pasar sasaran. Dalam memilih pasar sasaran yang optimal, perlu diperhatikan beberapa kriteria berikut:
1.      Responsif Pasar sasaran harus responsif terhadap produk atau program-program pemasaran yang dikembangkan. Langkah ini harus dimulai dengan studi segmentasi yang jelas karena tanpa pasar sasaran yang jelas produsen menanggung resiko yang terlalu besar.
2.      Potensi penjualan Potensi penjualan harus cukup luas. Semakin besar pasar sasaran, semakin besar nilainya. Besarnya bukan hanya ditentukan oleh jumlah populasi tapi juga daya beli dan keinginan pasar untuk memiliki produk tersebut.
3.      Pertumbuhan yang memadai Pasar tidak dapat dengan segera bereaksi. Pasar tumbuh perlahan-lahan sampai akhirnya meluncur dengan cepat dan mencapai titik pendewasaan.
4.      Jangkauan media Pasar sasaran dapat dicapai dengan optimal kalau pemasar tepat memilih media untuk mempromosikan dan memperkenalkan produknya.
Menurut Bradley yang dikutip dari Setiadi (2003), dalam memilih pasar sasaran mana yang akan diambil ada faktor-faktor yang perlu diperhatikan yaitu:
1.      Sumber daya organisasi Dalam memilih segmen maka perlu diperhatikan sumber daya yang ada karena semakin banyak segmen yang dipilih maka biaya yang dibutuhkan akan semakin banyak. Pemasaran terpusat akan menjadi pilihan organisasi kecil yaitu dengan cara mengarahkan pemasaran pada segmen-segmen yang kecil, unik, dan kurang mendapatkan perhatian pesaing besar yang dinamakan juga sebagai market niche.

2.      Tipe produk Ada produk yang disebut highdifferentiated product maka strategi yang digunakan bisa differentiated atau concentrated marketing karena pada produk tersebut mudah diciptakan keunikan yang membedakannya dari produk lain. Ada juga yang low differentiated product, maka strategi yang dipilih yaitu undifferentiated marketing karena pada produk jenis ini sulit diciptakan keunikankeunikan.

3.       Tahap dalam daur hidup produk Produk memiliki siklus, yang dimulai dengan tahap perkenalan pasar, pertumbuhan, dewasa, dan menurun. Pada masa perkenalan, dapat diterapkan pemasaran serba sama. Pada masa pertumbuhan produk semakin dapat diterima dan pasar mulai menginginkan variasi produk, maka dapat diterapkan pemasaran serba aneka. Pada masa dewasa persaingan sudah mencapai titik maksimal dan seluruh segmen sudah terisi, maka organisasi mulai mencari segmensegmen yang belum dilayani secara maksimal oleh pesaing sehingga pemasaran dapat diterapkan pemasaran terkonsentrasi. Pada masa penurunan, organisasi perlu membatasi investasi, memperkecil biaya pemasaran serta memusatkan sumber daya pada produk dan segmen yang lebih menguntungkan dan pemasaran terkonsentrasi yang sesuai untuk diterapkan.

4.       Strategi pesaing dan strategi bersaing organisasi Untuk memilih strategi mana yang akan diterapkan oleh organisasi, maka perlu memperhatikan juga strategi yang diterapkan oleh pesaing dan strategi bersaing yang dipilih organisasi. Pilihan strateginya bisa berhadapan langsung atau menghindar. Kalau berhadapan langsung, maka organisasi akan memilih segmen yang dimasuki oleh pesaing. Sedangkan kalau menganut strategi menghindar, maka organisasi memasuki segmen yang belum dimasuki oleh pesaing.

Secara Umum
Bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) semakin menggiurkan,karena kebutuhan akan air minum terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Perusahaan yang menggarap bisnis AMDK pun semakin banyak dan terus melakukan ekspansi untuk memperluas jaringan pasar produk produknya. Bayangkan saja, kebutuhan masyarakat akan air minum sangat tinggi. Padahal ketersediaan air yang layak minum dalam arti berkualitas dan terjamin dari segi kesehatan semakin sulit diperoleh. Saat ini masyarakat, terutama di kota-kota besar tidak bisa lagi lepas dari AMDK. Di samping tingginya akan permintaan air bersih , maka rendahnya hambatan untuk memasuki industri AMDK telah mengakibatkan pertumbuhan yang pesat dalam kemunculan perusahaan perusahaan yang baru. Pada saat ini tercatat ratusan merek produk AMDK yang beredar di seluruh Indonesia.
 Ada 10 besar merek utama, seperti Aqua, Vit, Club, Prima, Sosro,2 Tang, Ades, Oasis, Ron88, dan Aires. dimana masing-masing menawarkan berbagai keunggulan. Dengan munculnya berbagai produk baru maupun penyempurnaan produk lama, para produsen semakin terpacu untuk menciptakan produk yang mampu bersaing dan mencoba untuk memenuhi keinginan dan selera konsumen. AMDK merupakan barang konsumen (consumers goods) ditinjau dari cara pemanfaatan oleh konsumen, yaitu barang yang dibeli oleh konsumen akhir untuk kepentingan pribadi (dalam arti tidak diolah lagi untuk menciptakan laba). Berdasarkan cara-cara konsumen membeli suatu barang, AMDK tergolong barang nyaman (convinience goods) yaitu barang konsumen yang sering dibeli dan kadang kala bersifat segera.
Potensi Pasar Produk AQUA di Indonesia
 AQUA adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississipi di Indonesia sejak tahun 1973. Aqua didirikan oleh Tirto Utomo, warga asli Wonosobo yang setelah keluar bekerja dari Pertamina mendirikan usaha AMDK Pada tahun 1998, karena ketatnya persaingan dan munculnya pesaing pesaing baru, Lisa Tirto sebagai pemilik Aqua Golden Mississipi sepeninggal ayahnya Tirto Utomo, menjual sahamnya kepada Danone pada 4 September 1998. Akusisi tersebut dianggap tepat setelah beberapa cara pengembangan tidak cukup kuat menyelamatkan Aqua dari ancaman pesaing baru. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia.
 Pada tahun 2016, Menurut data Aspadin (Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia), saat ini diperkirakan ada sekitar 700 perusahaan AMDK yang menjajakan tak kurang dari 2000 merek. Banyaknya merek tersebut lantaran setiap perusahaan AMDK punya lebih dari satu merek, atau memproduksi second brand. Contohnya, Aqua juga memproduksi Vit. Hadirnya second brand tersebut untuk merespon tuntutan pasar yang menginginkan air minum berstandar tapi dengan harga terjangkau, daripada membeli air isi ulang. Namun demikian, Aqua sebagai salah satu produsen air minum terbesar dan pertama di Indonesia masih menjadi market leader dalam bisnis AMDK. Tetapi walaupun demikian Aqua tetap tidak menghendaki para pelanggannya beralih ke produk lain. Oleh sebab itu, tuntutan untuk selalu menjadi yang terbaik harus menjadi komitmen organisasi agar para pengguna air minum masih tetap setia untuk selalu mengkonsumsi air minum Aqua. Kesetiaan pelanggan tidak dapat begitu saja diraih, tetapi memerlukan proses panjang untuk meyakinkan bahwa Aqua merupakan air minum terbaik. Membangun kepercayaan konsumen telah dilakukan oleh perusahaan air mineral Aqua sejak didirikan. Hal ini dibuktikan dengan inovasi yang telah dilakukan oleh Aqua. Inovasi tersebut berupa selalu melakukan pengembangan dan diversifikasi terhadap produk Aqua serta membangun aliansi dengan merek terkenal, yaitu Danone untuk peningkatan kualitas dan memperkuat pasar.

C.      Pasar Sasaran
Target pasar ditujukan untuk mengevaluasi dan membandingkan kelompok yang diidentifikasikan dan kemudian memilih satu atau beberapa diantaranya sebagai calon dengan potensi yang paling besar. Bauran pemasaran kemudian dirancang yang akan memberikan hasil terbaik dalam penjualan, selain itu menciptakan nilai maksimum bagi konsumen.
Target  pasar pada produk AQUA dapat kita lihat berdasarkan iklan dari produk tersebut. Dapat kita lihat bahwa target pasarnya cenderung kepada masyarakat metropolitan yang aktif dan dinamis. Hal ini dapat terlihat dari visual iklannya yang mayoritas menampilkan pergerakan waktu, tempat, dan orang-orang dari berbagai aktifitas secara cepat. Jika dilihat lebih jauh lagi, berdasarkan jenis kelamin dan umur, target audience dari iklan ini adalah pria dan wanita dewasa serta keluarga. Dapat dilihat bahwa iklan AQUA banyak menonjolkan bahwa produk tersebut digunakan dirumah-rumah dan dikonsumsi oleh keluarga. Berdasarkan pendidikan dan pekerjaan, target audiensce-nya adalah orang-orang berpendidikan yang level pekerjaannya menengah ke atas. Begitu juga dari segi lifestyle, target audience-nya adalah masyarakat metropolitan yang aktif, dinamis, dan memiliki mobilitas yang tinggi dan membutuhkan kepraktisan dalam mengkonsumsi minuman yang baik dan sehat untuk tubuh.

a.      Contoh produk AQUA setiap kemasannya
1.      AQUA Gelas Plastik 240 ml
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxHzWv0aciGbabUG4IlODEJ3qM86wp5561D3NbgvTU9jJBhYanbb6o_9q-y0pxCTj9AfodBGiiASTGSvCoK21M1ODEyaKLMKAlUp-ulTIks9ViJuckB7MjXEZhSDP_FpsSM6WEnhPDLro5/s320/aqua_cup_240_ml.jpg
·         AQUA kemasan gelas plastik ini diciptakan untuk memudahkan konsumen untuk mengkonsumsi kemasan ini dimana saja dan kapan saja.
·         Harga satuan = Rp 500
·         Harga per Dus (48 buah) = Rp 19.000
·          
2.      AQUA Botol Plastik  330 ml
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8_ULus9ry3nB22_HebTe9IL_QJRBxfOerEbUxI6z0dyS_FEKxGprH94zICxTUnbujnvYOJwzAlyJTs7ueiSM4gP21RBSlSa3aZSk6ssWoxNQ4cNya9P3oJPRxGloZHPGQYxF_LcKQEHrZ/s1600/Mineral-Water-Aqua.jpg

·         Kemasan AQUA 330 ml ini  memiliki target untuk para konsumen aktif
·         Harga satuan = Rp 1.500
·         Harga per Dus (24 buah) = Rp 23.500

3.      AQUA Botol Plastik 600 ml

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnKaj0aEojUHQVMPURnf_ICwf06oN1MfEHWdizEzFThldkjRpGSbsG-h6uCDziRfcwqPNThU-SMgGXcaHCIk6yvTK10xmhRvgdxglzrvhPj39jvVsM_DqZ4J_dU-kSetkbaOcW4GX1xVFX/s1600/images.jpeg
·         AQUA kemasan ini sering disebut konsumen sebagai kemasan tanggung,untuk targeting kemasan ini masih sama,yaitu untuk para konsumen aktif
·         Harga Satuan = Rp 3.000
·         Harga per Dus (24 buah) = Rp 29.500

4.      AQUA kemasan Botol Plastik 1500 ml
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgurLy4s1a79q6D0LQkRqFbmKxhlRlZiGTYBDR9Wt4EoXnPFPxElZey7mIPITnq0ICHetDQuIi1eC7cWRul2H8QoeLsnM0RUzEJm6BiJXwOtcH7nl-7sAYUXHnoprGk0l0rm37QIIRY-yBg/s320/1500ml.jpg
·         AQUA ini memiliki kemasan yang cukup besar.Kemasan ini memilik target untuk Konsumen kelompok (berbagi)
·         Harga satuan = Rp 5.000
·         Harga per Dus (12 buah) = Rp 32.000

5.      AQUA Botol Kaca 380 ml
Hasil gambar untuk aqua reflection
·         AQUA kemasan ini adalah kelas premium. umumnya dipakai pada acara resmi (rapat,seminar,dll),sehingga target konsumen adalah para Eksekutif
·         Harga satuan = Rp.30.000

6.      AQUA Galon 19 Liter 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCo61zfa1jQvCqhmlF1qj19OKGBbW3_1v2-O3SXkfOGOdorfuapS_RbUPRJnCIaQ5bzjpCgKRGBPK-F_XqLe3WHSDU4IIR_ePe1V9mfPc-t20VQiGJMge1XhtL3dyXPzdm4FuEVbjcdOCf/s1600/A-2.0.jpg
·         AQUA Galon 19 Liter ini merupakan kemasan AQUA yang paling besar.Target untuk AQUA kemasan ini adalah Rumah Tangga yang memiliki konsumsi air minum yang cukup besar
·         Harga satuan = Rp 15.000

D.    Profil Gaya Hidup
Gaya hidup secara luas diidentifikasi sebagai cara hidup yang diidentifikasi oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas) apa yang mereka anggap penting dalam lingkungannya(ketertarikan)  dan apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga dunia disekitarnya.
Menurut Mike Featherstone (2005) dalam budaya konsumen kontemporer,istilah ini mengkonotasikan individualitas,ekspresi diri,serta kesadaran diri yang stilistik. Lebih lanjut dikatakan  bahwa tubuh,busana,bicara,hiburan saat waktu luang,pilihan liburan,dan seterusnya dipandang sebagai indikator individualitas seleraserta rasa gaya dari pemilik atau konsumen.
Gaya hidup bias merupakan identitas kelompok. Gaya hidup setiap kelompok akan mempunyai cirri-ciri unit tersendiri. Walaupun demikian,gaya hidup akan sangat relevan dengan usaha-usaha pemasar untuk menjual produknya
Aspek konsumen menunjukkan bahwa konsumen memang receive akan produk tersebut dalam pemenuhan kebutuhan akan air minum dan dari aspek produsen menjadikan kondisi pasar air minum mineral kental dengan persaingan yang pada akhirnya mengantarkan banyak alternatif produk air mineral yang ditawarkan pada konsumen. Hal ini menunjukkan telah terjadi pergeseran pasar pada produk air minum mineral, dari pasar yang bersifat seller’s market dimana hanya ada satu penjual yang dikelilingi banyak konsumen, menjadi pasar yang bersifat buyer’s market dimana terdapat konsumen sekarang dikelilingi oleh banyak produsen.
            AQUA salah satu diantara produk air minum mineral yang pertama berdiri telah memiliki merek yang mapan dan menjadi familier dihati konsumen. Keterdekatannya dengan konsumen menjadikan air minum mineral merek  Aqua memiliki kekuatan pasar ditengah persaingan yang ketat. Keberadaan air minum mineral Aqua sebagai produsen yang pertama kali menawarkan produk air minum dalam kemasan telah menjadikan konsumen sangat dekat dengan produk ini. Hal ini dapat ditunjukkan dengan begitu kuatnya persepsi konsumen akan produk air minum sebagai produk minuman yang paling baik kualitasnya, sehingga pada setiap keperluan konsumen dengan jenis apapun selalu dilengkapi dengan air mineral aqua. Produsen AQUA terus berupaya mengantisipasi persaingan dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, salah satunya adalah menciptakan produk yang berkualitas.
a.      Kualitas
1        AQUA berasal dari 100% air pegunungan yang mengalir sendiri tanpa dipompa (self flow), sehingga begitu jernih dan mengandung komposisi mineral seimbang. Proses pemilihan mata air dilakukan dengan proses teliti dan hati-hati dengan melalui serangkaian uji geologi, fisika, kimia dan mikrobiologi. Daerah perlindungan air di sekitar sumber air tersebut pun juga selalu dijaga kelestariannya.
2        AQUA diproses dengan teknologi tinggi dan penuh kontrol kualitas di setiap titiknya. Ruang produksi dan mesin-mesin senantiasa disanitasi secara rutin. AQUA menerapkan inline system, sebuah sistem produksi yang berkesinambungan tanpa terputus mulai dari pemrosesan air hingga pemasangan tutup dan segel dengan seminimal mungkin sentuhan tangan manusia. Selain itu, tersedia laboratorium dengan peralatan terbaru di setiap pabrik yang akan mengontrol kualitas produk yang dihasilkan. Dengan adanya pemrosesan yang berteknologi tinggi dan laboratorium dengan peralatan lengkap, air terbebas dari bakteri patogen penyebab penyakit
3        AQUA selalu memperhatikan kualitas produknya, mulai dari pemilihan sumber, pemrosesan sampai dengan penanganan produk. Ada standar penyimpanan dan penanganan produk yang harus ditetapkan untuk tetap menjaga kualitas AQUA sampai di tangan Anda. Proses kontrol kualitas inilah yang paling membedakan AQUA dengan air minum lainnya.
4        Standar kualitas AQUA sudah memenuhi standar nasional (SNI) maupun internasional (WHO) sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.
Kualitas produk merupakan pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh penjual mempunyai nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. Oleh karena itu suatu perusahaan berusaha memfokuskan pada kualitas produk dan membandingkannya dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing.
Kualitas harus diukur melalui sudut pandang konsumen terhadap kualitas produk itu sendiri, sehingga selera konsumen disini sangat berpengaruh. Jadi dalam mengelola kualitas suatu produk harus sesuai dengan kegunaan yang diinginkan oleh konsumen. Dalam hal ini yang penting adalah menjaga konsistensi dari output produk pada tingkat kualitas yang diinginkan dan diharapkan konsumen
Dengan demikian kualitas produk yang baik dapat membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian, sehingga konsumen dapat tertarik terhadap suatu produk yang diproduksi suatu perusahaan akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk tersebut dengan kualitas yang ditawarkan.
b.      Harga
kesempatan untuk mendapatkan hadiah dari pembelian produk tersebut, atau karena ingin dianggap konsumen lain bahwa tahu banyak tentang produk tersebut dan ingin dianggap loyal. Harga memiliki dua peranan utama dalam proses pengambilan keputusan para pembeli, yaitu peranan alokasi dan peranan informasi (Fandy Tjiptono, 2008:152).
Dari segi harga, penetapan harga Aqua "sedikit" di atas merek-merek lain. Penentuan harga ini juga dilakukan agar memposisikan Aqua sebagai air minum premium (di atas merek-merek AMDK lainnya). Sebagai merek premium maka dengan sendirinya konsumen akan merasa memiliki "prestige" sendiri apabila meminum Aqua. Apabila anda membuat suatu acara dan menggunakan AMDK Aqua, maka anda akan merasa lebih bergengsi dibanding menggunakan merek lainnya.

c.       Alasan Konsumen atau Masyarakat lebih memilih AQUA
·         AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejakdidirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkandari hidup sehat masyarakat Indonesia.
·         selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori airmineral.
·         Berasal dari sumber mata air terpilih dan terlindung, sehingga menjamin bahwa segala kebaikan alam dari sumbernya tetap terjaga dalam setiap tetesnya. Ini berarti bahwa setiap tetes AQUA memiliki segala kebaikandan keseimbangan mineral alami.
·         Sumber mata air dipilih setelah melalui proses yang penuh ketelitian danhati-hati. Setiap sumber mata air pegunungan harus memenuhi 9 poinkriteria yang kemudian melewati 5 tahap proses seleksi yang ketat selamakurang lebih 1 tahun sebelum akhirnya dapat menjadi mata air AQUA.Tidak heran apabila kualitas AQUA merupakan yang terbaik
·         Keterdekatannya dengan konsumen menjadikan air minum mineral merek Aqua memiliki kekuatan pasar ditengah persaingan yang ketat. Keberadaan air minum mineral Aqua sebagai produsen yang pertama kali menawarkan produk air minum dalam kemasan telah menjadikan konsumen sangat dekat dengan produk ini.

·         AQUA secara aktif melakukan berbagai program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk KeluargaSehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar